Lihatlah para Petani di pedesaan dengan gigihnya tanpa mengenal lelah senantiasa menyediakan bahan pangan bagi kehidupan kita. Keterbatasan lahan, modal dan pengetahuan yang dimiliki, dengan hasil yang tak tentu, bukan merupakan halangan bagi mereka untuk tetap menekuni pekerjaan mulianya.

Pernahkah anda menghitung berapa keuntungan petani dalam usahatani nya?
Pernahkah anda menanyakan berapa perbandingan curahan waktu dalam hidupnya antara untuk bekerja/usahatani dan berwisata?

Silahkan anda cari jawabannya pada mereka.
Untuk itu melalui situs ini kami berharap kepada para pemerhati pertanian, marilah bersama-sama berbagi ilmu dan pengalaman dibidang pertanian. Kami selalu membuka tangan menerima siapa saja untuk bergabung bersama kami mendampingi dan membantu mereka menyelesaikan permasalahan usahataninya, menguatkan mental dan sepirit mereka, hingga mereka tidak lagi merasakan memiliki banyak kelemahan.

BERTANAM DAUN BAWANG DALAM POT

Tanaman sayuran di visitor plot sedang dalam peremajaan, yang tersisa hanyalah pot-pot plastik berisi daun bawang. Tanaman yang satu ini memang agak tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Menghadapi bulan ramadhan tahun 2013 ini harga sayuran mulai beranjak naik, apalagi kondisi cuaca kurang menguntungkan bagi produksi sayuran. Pagi ini diperoleh info bahwa harga daun bawang ikut melonjak, harga eceran di warung mencapai Rp 1000 / daun, kami jadi tergerak untuk memanen daun bawang. Dari setiap pot berdiameter 40 cm ini  dapat dipanen rata-rata  120 g, adapun jumlah daun  berkisar antara  7-13 lembar, berarti untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga beranggotakan 4-5 jiwa dapat dipenuhi dengan menanam 5-6 pot daun bawang. Budidaya sayuran dipekarangan tentunya dapat mengurangi pengeluaran untuk belanja sehari-hari. (Rudy Harwono)


Share this article :

12 comments:

  1. pingin mencobanya di rumah, nuwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo silahkan...kalau tidak ada bibit, bisa dicoba pangkal/sisa dari bawang daun yang masih ada akarnya, hanya saja nanti setelah tumbuh awalnya bentuknya bengkok2....tapi kalau pupuknya cukup lama2 juga bagus, tks. selamat mencoba

      Delete
  2. Silahkan cara budidaya cukup mudah, bila anda membutuhkan informasi lebih lanjut kami bantu. nuwun.

    ReplyDelete
  3. Mari kita galangkan pertanian di Indonesia.
    Sedikit memberi masukan tentang teknologi pertanian organik : untuk meningkatkan keberhasilan panen menjadi lebih maksimal, bisa gunakan GLIO, Super Nasa, Hormonik & Power Nutrition.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepada teman yg sudah menulis komen dan terhapus...."kami minta maaf."..ada kesalahan teknis.
      Silahkan mencoba dulu....jangan terlalu khawatir akan mati...seiring dengan berjalannya waktu ....nanti akan mendapat pengalaman sebagai pembelajaran pribadi, bilamana perlu memelihara tanaman yg sudah siap...tidak perlu dari awal/bibit kecil... untuk temen2 yg tinggal di Yogya..kami siap menerima kunjungannya di BPTP Yogyakarta, jln. Stadion Maguwoharjo.

      Delete
  4. pernah menanam langsung dari bawang merah yang sudah ada akarnya tetapi yang tumbuh daunnya kecil2, kurus dan bengkok gitu ya kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena daun bawang berbeda dengan bawang merah,, kalo mw nanem daun bawang ambil bagian bawah daun bawang sisa nyayur yg masih ada akarnya ato beli bibit berupa biji, kalo cuma butuh dikit bisa beli bibit seribuan di sini: http://petanirumahan.wordpress.com/2012/10/31/jual-benih-sayuran-eceran-rp-1000-per-bungkus-update-november-2013/
      bukan saya yg jualan, tpi sy mau beli disana jg..
      seneng aj kalo banyak yg minat menanam sayur sendiri di rumah.

      Delete
  5. saya mencoba menanam bawang daun dari biji, tapi umur 2 minggu di semai daunnya layu, kira-kira kenapa ya?? o y, setiap hari saya siram 1 kali sehari, media tanamnya juga tidak terlalu basah atau kering...mohon bantuan dan ilmunya...terima kasih. -sarah-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor yang bisa menyebabkan tanaman menguning dan mati diantaranya 1) kebanyakan pupuk atau kekurangan pupuk, Pemberian pupuk yang berlebihan tanah menjadi jenuh dan akar tanaman tidak dapat menyerap unsur hara dari tanah. 2) Terserang jamur fusarium --> coba gunakan fungisida SCORE. semoga bermanfaat.

      Delete
  6. segar juga ya?
    bisa dipakai untuk menghias rumah kita agar tampil lebih asri dan hijau, thx buangettt

    ReplyDelete
  7. jadi sebaiknya kalau nanam daun bawangnya yang masih utuh atau bagian hijaunya kita potong,disisain bagian putih&akarnya?trims

    ReplyDelete

Anthoni MSS (Admin I)


Admin saungtani.com pada bidang Teknik & Design Web, editor gambar, editor artikel dan kontributor artikel

Rudy Harwonno (Admin II)


Admin saungtani.com pada bidang editor video visitor, editor artikel dan kontributor artikel.

Sarjono (Admin III)


Admin saungtani.com pada bidang penyedia materi visitorplot, editor artikel dan kontributor artikel.
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAUNG TANI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger