Lihatlah para Petani di pedesaan dengan gigihnya tanpa mengenal lelah senantiasa menyediakan bahan pangan bagi kehidupan kita. Keterbatasan lahan, modal dan pengetahuan yang dimiliki, dengan hasil yang tak tentu, bukan merupakan halangan bagi mereka untuk tetap menekuni pekerjaan mulianya.

Pernahkah anda menghitung berapa keuntungan petani dalam usahatani nya?
Pernahkah anda menanyakan berapa perbandingan curahan waktu dalam hidupnya antara untuk bekerja/usahatani dan berwisata?

Silahkan anda cari jawabannya pada mereka.
Untuk itu melalui situs ini kami berharap kepada para pemerhati pertanian, marilah bersama-sama berbagi ilmu dan pengalaman dibidang pertanian. Kami selalu membuka tangan menerima siapa saja untuk bergabung bersama kami mendampingi dan membantu mereka menyelesaikan permasalahan usahataninya, menguatkan mental dan sepirit mereka, hingga mereka tidak lagi merasakan memiliki banyak kelemahan.

BERKEBUN SAYURAN DI HALAMAN RUMAH

Jika Anda belum pernah berkebun, pasti akan berpikir bahwa menanam sayuran tidak mungkin dilakukan di halaman rumah.  Apalagi Anda tinggal di pemukiman `kota yang umumnya memiliki lahan sempit, dan telah tertutup pavin block, conblock atau lantai semen.  Anda pasti juga berpikir bahwa sayuran sawi hijau, sawi putih, bunga kol, brokoli, caesin, selada, dll. hanya bisa ditanam di daerah pegunungan.
Sayuran dapat ditanam di dataran rendah, atau di perkotaan, walaupun hasilnya tidak seoptimal penanaman di daerah pegunungan. Dengan menanam sayuran di halaman rumah setidaknya selain sebagai penyedia gizi bagi keluarga juga dapat memperindah halaman.

Menanam sayuran sangat mudah, semudah menanam dan memelihara tanaman bunga, hanya membutuhkan sedikit pengetahuan dan perhatian dalam pemeliharaan.  Mengapa demikian?
Tanaman sayuran daun pada umumnya tumbuh dengan baik jika mendapat penyinaran matahari lebih dari 6 jam /hari. Tanaman sayuran tidak tahan kekeringan dan tidak tahan air yang berlebihan. Selain itu sayuran daun juga sangat disukai hama kepik, belalang dan ulat.   Namun jika kita tekun dalam pemeliharaan tentu hal tersebut bukan menjadi masalah bagi kita. Selama halaman rumah kita mendapatkan sinar matahari dan mendapatkan suplai air serta pupuk yang cukup, tentu tanaman sayur dapat tumbuh dengan baik pula.

Orang tidak akan heran ketika melihat tanaman sayuran tumbuh di daerah pegunungan, namun akan heran ketika melihat di halaman rumah Anda terdapat tanaman sayuran yang tumbuh segar.  Tentu menjadi kebanggaan tersendiri memiliki kebun sayur yang dikagumi oleh setiap orang yang melihat tanaman kita.    
Menikmati pertumbuhan tanaman dan hasil sayuran dari halaman rumah, merupakan sensasi nyata berkebun,  bahwa Anda benar-benar bisa makan sayuran dari hasil kerja Anda.

Apa keuntungan budidaya sayuran di kebun?
Keluarga Anda setiap hari tentu membutuhkan sayuran sebagai sumber serat dan vitamin bagi keluarga. Selama ini Anda mudah memperoleh sayuran dengan membeli di pasar tradisional, warung, tukang sayur atau mall disekitar anda tinggal. Tetapi apakah Anda pernah berpikir bahwa sayuran yang anda beli telah bebas dari residu bahan kimia?
Bukan berarti kita menilai sayuran yang di pasaran selalu memiliki kualitas yang buruk bagi kesehatan,  namun jika kita amati dari tampilan fisik sayuran yang begitu segar dan tanpa ada bekas serangan hama ulat atau yang lain, justru membuat kita berpikir apakah sayuran tersebut ditanam tanpa penyemprotan pestisida?
Jika Anda ragu tentu sekarang menjadi pertimbangan bagi anda untuk memulai untuk mencoba berkebun sayuran sendiri.  Kita bisa meyakini bahwa sayuran yang kita tanam layak dikonsumsi oleh keluarga yang kita cintai. Dengan mengupayakan kebun sayur secara organik, sayuran yang dihasilkan dari kebun menjadi sumber gizi yang sehat.
Keuntungan lain dari berkebun di halaman rumah adalah kita senantiasa dapat menikmati keindahan halaman rumah kita, sebagai pengganti wisata alam bagi keluarga kita.

Sebaiknya dimana Anda dapat menempatkan kebun sayur?
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat kebun sayuran di halaman rumah Anda, dengan mempertimbangkan beberapa persyaratan berikut :
  1. Pilih lahan dihalaman yang mendapatkan sinar matahari cukup, sehingga tanaman yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik. Bila lahan tersebut telah ditutup pavin atau conblock Anda bisa menanam dengan pot, polybag atau paralon.
  2. Usahakan lahan tidak jauh dari sumber air untuk penyiraman tanaman, sehingga memudahkan Anda dalam perawatan tanaman.
  3. Jika dimungkinkan tempatkan kebun pada lahan berdekatan dengan ruang santai keluarga, sehingga dapat memberikan suasana rilek bagi keluarga.
  4. Letakan tanaman pada lahan yang leluasa sehingga tidak mengganggu lalu lintas aktifitas keluarga.
  5. Bila dilingkungan Anda banyak yang memelihara ternak ayam lepas kandang, usahakan lokasi kebun diberi pagar sehingga ternak tidak bisa masuk pada kebun dan merusak tanaman.
  6. Sebaiknya Anda menggunakan media tanaman dengan polybag, pot, pipa paralon, talang paralon, atau bambu untuk mempermudah penataan kebun dan mengoptimalkan lahan.
Pada dasarnya sebagian besar tanaman sayuran memiliki persyaratan tumbuh yang sama, sehingga ketika Anda memutuskan di mana harus menempatkan kebun sayur, Anda dapat mengikuti panduan ini.

Selamat mencoba, jika Anda kesulitan konsultasikan pada saungtani.com dan team kami siap membantu Anda untuk berkebun dengan baik.

Bagaimana cara penyemaian benih sayuran ? Penyemaian


Oleh : Anthoni MSS
Share this article :

23 comments:

  1. Replies
    1. Jika terinspirasi.. silahkan anda mulai sekarang juga pergi ke toko pertanian beli benih sayur yang anda suka, beli polybag atau pot, beli pupuk, dan coba tanam dan pelihara di rumah anda...

      Delete
  2. terima kasih untuk masukannya. Saya sedang bermasalah dengan hama bekicot. Sayuran saya yang masih kecil habis 20 pot dalam 1 malam. Saya sudah mencoba pestisida bawang putih. tapi belum keliatan hasilnya. Mungkin ada saran lain? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Annie......trims atas kunjungannya
      Terkait dengan hama bekicot....alternatif yang paling mudah adalah dengan pengendalian fisik saja...tks

      Delete
  3. Informasi Situs web Anda menarik, makasih infonya Gan. kunjungi juga http://varian.student.ipb.ac.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih....kami sdh mengunjungi...tp belum bisa scr penuh...salam

      Delete
  4. Salam kenal, Saya juga hoby menanam sayuran organik, sejak menikah 3 thun yang lalu kami sudah menanam di pekarangan kecil kami, bahkan selalu menikmati hasilnya... boleh ya ikut share pengalaman saya.. http://wana-wana-blogger.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. tks, mas Nanang.....kami sangat terbuka untung saling sharing...monggo silahkan dengan senang hati, terkait dengan blog yg mas Nanang kelola akan kami kunjungi...bahkan bilamana perlu kita link..biar lebih banyak informasi yg kita sampaikan...tks

      Delete
  5. Terimakasih banyak... semoga swasembada pangan bisa terwujud untuk setiap keluarga Indonesia...
    saya hanya berbagi pengalaman pribadi, semoga pengalaman saya juga bisa bermanfaat untuk orang lain seperti Saung Tani.... Trimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas Nanang.....silahkan kalau punya pengalaman bisa dishare...di saungtani

      Delete
  6. Asyiknya berkebun, yuk tumbuhkan hobby untuk berkebun
    demi penghijauan dan jaminan produk dari berkebun sendiri
    Maaf, jika butuh benih sayur eceran
    bisa menghubungi saya lewat sms / whatsapp ke
    0852 3465 9100
    cuma 2rb / bungkus
    trims,
    sukses berkebun

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Agus trimakasih....silahkan dishare saja tks

      Delete
  7. saya juga sedang coba berkebun di rumah :)
    kelaurgahusni.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mb Devi....silahkan dilink bila memang terinspirasi untuk di share....pengunjung saungtani, tks

      Delete
  8. Selain menanam dengan media tanah, keluarga kami juga memanfaatkan kolam ikan untuk akuaponik.. artikel saya mungkin bisa sedikit membantu... www.wana-wana-blogger.blogspot.com
    makasih buat Saung Tani...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Nanang silahkankan kalau mo dilink ke saungtani tks

      Delete
  9. mau cari bibit stroberi dimana yah om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Akip Pribadi .....tinggal dimana ? kalau tinggal di Yogya dan sekitarnya yang memungkinkan di Tawangmangu atau Ketep Magelang atau Kopeng...yg saya tahu...kalau di Jabar...ya di Lembang Bandung..tks

      Delete
  10. Saya masih awam untuk nutrisi tanaman sayuran,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya...ga usah sampai detil kalau untuk sayuran...kecuali target kita ke hidroponik atau aeroponik....lebih modern, prinsip ada media tanam ada bibit dan wadah yang mo dipakai...., pupuk kandang/kompos yg sdh matang, untuk mempersubur tanaman ..setelah bibit umur 10 - 15 hr, beri NPK 0,5 sendok untuk tan.polibag.....selanjutnya menjelang berbunga...tambahkan lagi dosis sama.....biasanya sudah cukup bagus.....memang kadang ada yg menambahkan pupuk daun....pd umumnya ..10 cc/liter air....., ikuti petunjuk jenis pupuk cair yg dipergunakan...akan lebih baik. tks

      Delete
  11. Tanam di paralon medianya yang bagus apa boss?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil pengalaman kami media yang paling bagus untuk budidaya sayuran yaitu tanah dibawah naungan bambu ditambah pupuk organik dengan perbandingan (3 : 1). Ambil bagian tanah top soilnya saja kira kira kedalaman maksimal 30 cm dari permukaan tanah. Tanah bambu selain mengandung banyak mikrobia pemacu pertumbuhan, juga memiliki kandungan unsur hara P dan K yang relatif lebih tinggi dibandingkan tanah biasa atau pupuk kandang. Selamat mencoba.

      Delete
  12. cocok buat persiapan masa pensiun saya yg tinggal sebentar lagi...matur nuwun pak.

    ReplyDelete

Anthoni MSS (Admin I)


Admin saungtani.com pada bidang Teknik & Design Web, editor gambar, editor artikel dan kontributor artikel

Rudy Harwonno (Admin II)


Admin saungtani.com pada bidang editor video visitor, editor artikel dan kontributor artikel.

Sarjono (Admin III)


Admin saungtani.com pada bidang penyedia materi visitorplot, editor artikel dan kontributor artikel.
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAUNG TANI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger