Lihatlah para Petani di pedesaan dengan gigihnya tanpa mengenal lelah senantiasa menyediakan bahan pangan bagi kehidupan kita. Keterbatasan lahan, modal dan pengetahuan yang dimiliki, dengan hasil yang tak tentu, bukan merupakan halangan bagi mereka untuk tetap menekuni pekerjaan mulianya.

Pernahkah anda menghitung berapa keuntungan petani dalam usahatani nya?
Pernahkah anda menanyakan berapa perbandingan curahan waktu dalam hidupnya antara untuk bekerja/usahatani dan berwisata?

Silahkan anda cari jawabannya pada mereka.
Untuk itu melalui situs ini kami berharap kepada para pemerhati pertanian, marilah bersama-sama berbagi ilmu dan pengalaman dibidang pertanian. Kami selalu membuka tangan menerima siapa saja untuk bergabung bersama kami mendampingi dan membantu mereka menyelesaikan permasalahan usahataninya, menguatkan mental dan sepirit mereka, hingga mereka tidak lagi merasakan memiliki banyak kelemahan.

ALAT PERAGA SEDERHANA PENDUKUNG PENYULUHAN SISTEM JAJAR LEGOWO

Dalam penyuluhan pertanian, penyampaian informasi akan berlangsung sesuai harapan apabila terjadi kesamaan persepsi antara pemberi informasi (Penyuluh) dan penerima informasi (Petani) tentang materi yang disampaikan, demikian pula dengan penyampaian informasi tentang tanam padi secara jajar legowo. Salah satu cara untuk mencapai kesamaan persepsi adalah penggunaan alat peraga hasil kreasi tim pameran BPTP Yogyakarta. Alat peraga ini dapat dibuat secara sederhana dengan biaya murah.

Bahan yang dibutuhkan
  • Kepingan triplek berukuran 48 cm X 45 cm,
  • Karet setebal 1 cm (sejenis bahan yang biasa digunakan untuk sandal), berukuran 48 c X 45 Cm. Fungsi karet adalah untuk tempat menancapkan paku payung bergagang plastik.
  • Paku payung bergagang plastik, 
  • Lem aibon.

Cara Pembuatan
  • Dengan menggunakan Corel Draw, kita gambar petak-petak segi empat berukuran 3 cm X 3 cm (diibaratkan sebagai tempat untuk menancapkan tanaman padi secara tanam tegel yang biasa dilakukan petani). Setelah selesai gambar di print digital menggunakan bahan vinil semacam yang biasa digunakan untuk poster out door.
  • Karet direkatkan pada kepingan tripleks dengan menggunakan lem aibon. Selanjutnya hasil print digital ditempelkan pada karet. Tancapkan paku payung bergagang plastik (sebagai pengganti tanaman padi) pada titik-titik penanaman padi secara legowo.
  • Dengan cara ini akan memudahkan kita untuk menjelaskan perbedaan tanam biasa dengan tanam jajar legowo. Paku payung dapat diatur pada posisi tanam biasa maupun diubah menjadi tanam legowo. 
 (Rudy Harwono)
Share this article :

2 comments:

  1. Alat peraganya boleh juga... saya kadang kesulitan menjelaskan sistem tanam TAJARWO pada petani, mungkin dengan alat tersebut lebih mudah dicerna. makasih

    ReplyDelete

Anthoni MSS (Admin I)


Admin saungtani.com pada bidang Teknik & Design Web, editor gambar, editor artikel dan kontributor artikel

Rudy Harwonno (Admin II)


Admin saungtani.com pada bidang editor video visitor, editor artikel dan kontributor artikel.

Sarjono (Admin III)


Admin saungtani.com pada bidang penyedia materi visitorplot, editor artikel dan kontributor artikel.
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAUNG TANI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger