Lihatlah para Petani di pedesaan dengan gigihnya tanpa mengenal lelah senantiasa menyediakan bahan pangan bagi kehidupan kita. Keterbatasan lahan, modal dan pengetahuan yang dimiliki, dengan hasil yang tak tentu, bukan merupakan halangan bagi mereka untuk tetap menekuni pekerjaan mulianya.

Pernahkah anda menghitung berapa keuntungan petani dalam usahatani nya?
Pernahkah anda menanyakan berapa perbandingan curahan waktu dalam hidupnya antara untuk bekerja/usahatani dan berwisata?

Silahkan anda cari jawabannya pada mereka.
Untuk itu melalui situs ini kami berharap kepada para pemerhati pertanian, marilah bersama-sama berbagi ilmu dan pengalaman dibidang pertanian. Kami selalu membuka tangan menerima siapa saja untuk bergabung bersama kami mendampingi dan membantu mereka menyelesaikan permasalahan usahataninya, menguatkan mental dan sepirit mereka, hingga mereka tidak lagi merasakan memiliki banyak kelemahan.

PENYEMAIAN DENGAN PIPA PARALON


Pada umumnya petani melakukan penyemaian benih sayuran dengan menggunakan media tanah yang ditempatkan pada kantong plastik. Ketika bibit sayuran akan ditanam dilahan, tentu bibit dan media tanah harus dibuka dari plastik yang membungkusnya tersebut, tentu setiap musim tanam sayur penyemaian model menggunakan plastik akan menghasilkan limbah yang cukup banyak.

Berikut ada cara praktis penyemaian yang tidak berlimbah yaitu dengan menggunakan pipa paralon sebagai wadah media semai. Paralon yang dibutuhkan untuk media penyemaian benih sayuran, yaitu pipa paralon berdiameter 3/4 dim yang dipotong-potong dengan ukuran panjang + 5 cm.

Memotong pipa dengan PVC Pipe Cutter
Cara penyemaiannya :
  • Pipa paralon ditata berdiri pada wadah berupa papan kayu atau nampan plastik sehingga mudah dipindahkan.
  • Kemudian diisi media tanah yang telah diberi pupuk pada media paralon tersebut dan diratakan menggunakan bambu atau kayu
  • Setelah semua pipa paralon terisi tanah, kemudian disiram air. Agar media tanah pada paralon tidak berantakan, penyiraman dilakukan dengan menggunakan alat semprotan. 
  • Benih dapat ditanam pada media semai tersebut dengan penanaman setiap paralon satu biji benih, untuk memudahkan penanaman benih, anda dapat menggunakan pinset. 


Pipa paralon 5 cm


Penanaman benih tomat


bibit tomat umur 2 hari


Bibit tomat berumur 4 hari

Pemindahan Bibit :
  • Bibit tanaman dapat dipindah setelah tanaman cukup kuat namun jangan terlalu lama di pesemaian yaitu kurang lebih umur bibit 15 - 25 HST (hari setelah tanam).
  • Pengambilan bibit dari pipa paralon diawali dengan membasahi terlebih dahulu media tanahnya, kemudian pada bagian bawah disogok dengan batang pohon atau bekas suntikan tinta layaknya membuat kue putu.
  • Usahakan media tanah tidak hancur, jika tanah hancur dikhawatirkan dapat merusak perakaran tanaman.
  • Bibit dapat ditanam pada lahan atau pada media polybag yang telah siap, pipa paralon dapat digunakan untuk penyemaian berikutnya.
Bekas suntikan tinta printer
Melepas bibit dengan suntikan tinta
Batang kayu berdiameter < pipa
Melepas bibit dengan batang kayu
    Demikian cara penyemaian dengan menggunakan media semai pipa paralon, semoga bermanfaat.
     
    Oleh : Anthony MSS
    Share this article :

    5 comments:

    Anthoni MSS (Admin I)


    Admin saungtani.com pada bidang Teknik & Design Web, editor gambar, editor artikel dan kontributor artikel

    Rudy Harwonno (Admin II)


    Admin saungtani.com pada bidang editor video visitor, editor artikel dan kontributor artikel.

    Sarjono (Admin III)


    Admin saungtani.com pada bidang penyedia materi visitorplot, editor artikel dan kontributor artikel.
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2011. SAUNG TANI - All Rights Reserved
    Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
    Proudly powered by Blogger